Saturday, November 3, 2012

Mengurus Visa UK (Inggris/United Kingdom)

Welcome November!

Saya ingin berbagi pengalaman saya mengurus visa UK. Tidak disangka sebelumnya, saya akan pergi ke salah satu negara terhebat di dunia, yang memiliki koloni di mana-mana, mata uang terkuat di dunia, dan dengan status saya sebagai mahasiswa yang kere alias miskin >.< Yup, orang miskin bisa ke Eropa :D

UK sudah lebih tertata dalam urusan visa, tidak seperti Italia yang masih gagap visa untuk urusan konferensi akademik (Juni lalu saya dikasih visa TURIS untuk presentasi di konferensi akademik di Italia, setelah melalui perdebatan yang lama dengan petugas, hehehe), silakan baca pengalaman saya mengurus visa Schengen Italia di http://diptadh.blogspot.com/2012/06/mengurus-visa-schengen-italia.html. Di permohonan aplikasi visa UK, golongan visa beserta syarat-syaratnya sudah tertera dengan lengkap di situsnya. Informasinya silakan dibaca di http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/visas-immigration/visiting/ 

Setelah membaca dan mengira-ngira visa yang akan dibutuhkan beserta persyaratannya, pemohon visa diwajibkan mengisi formulir secara online di http://www.visa4uk.fco.gov.uk/ 

Formulir tersebut bisa di-save, kalau informasi yang dibutuhkan belum didapat. Ketika formulir sudah lengkap (belum lengkap juga gapapa ^^ , silakan buka http://www.vfs-uk-id.com/ ini adalah visa application centre yang ditunjuk oleh British Council di Indonesia. Sejak 3 September 2012, semua permohonan visa dan penyerahan dokumen aplikasi melalui VFS dan harus dengan appointment. Silakan buat appointment melalui situs tersebut, sebelum menyerahkan dokumen ke sana (kantornya di Plaza ABDA, lantai 22, depan FX Senayan).

Kemarin saya juga mondar-mandir mempersiapkan dokumen aplikasi visa, terutama untuk sponsor dan bukti keuangan. Sebagai mahasiswa miskin, saya harus menunggu surat dan bukti keuangan sponsor. Oke, berikut dokumen yang dibutuhkan untuk aplikasi visa UK:

1. Paspor asli (berikut paspor lama kalau sudah pernah punya) dan print-out formulir online yang sudah diisi lengkap, sebaiknya ditandatangani di depan petugas di VFS.

2. Surat undangan. Saya apply untuk visa kategori bisnis, jadi saya sertakan undangan dari pihak penyelenggara konferensi.

3. Surat sponsor. Ini seperti waktu mengurus visa Schengen, harus ada surat sponsor dan bukti keuangan sponsor. Bisa minta dari kampus (maklum, mahasiswa miskin). Sponsor juga bisa orangtua, kalau orangtua kelihatan kaya dari segi buku tabungan, hahaha *yang ini bercanda* Kalau sponsor orangtua, maka orangtua pemilik rekening bukti keuangan wajib membuat referensi bank yang menyatakan nasabah sejak kapan, dan jumlah saldo terakhir, fotokopi buku tabungan 6 bulan terakhir, dan surat pernyataan (dalam bahasa inggris), ditujukan untuk UK Border Agency, yang menyatakan akan menanggung segala biaya yang diperlukan selama di UK dan menjamin bahwa yang disponsori tidak mencari kerja di UK, serta akan pulang ke Indonesia.

4. Sesuai formulir online, bila ada biaya yang ditanggung sendiri, maka pemohon wajib menyertakan bukti keuangan pribadi (referensi bank dan fotokopi buku tabungan 6 bulan terakhir). Sekedar berbagi info, ini yang membuat saya mondar-mandir di beberapa bank. Saya punya tabungan, tapi kalau ditotal 10 juta aja nggak nyampe, hehehe, makanya masuk dalam kategori "miskin." Permohonan visa saya diterima dengan account segitu, apalagi Anda yang punya tabungan lebih banyak :))

5. Untuk membuktikan status saya sebagai mahasiswa, maka saya menyertakan surat keterangan dari kampus saya, bahwa saya akan pergi ke UK dalam rangka presentasi tulisan saya di forum akademik di sana. Saya buat sendiri suratnya dalam bahasa inggris dan ditandatangani pihak kampus :) Tak lupa fotokopi kartu mahasiswa saya sertakan.

6. Untuk meyakinkan pihak UK Border Agency, saya juga menyertakan kopi slip gaji kerja serabutan saya, pada awal kerja, dan 6 bulan terakhir. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan bahwa saya tidak akan jadi pekerja illegal di UK.

7. Bukti akomodasi seperti book penginapan dan print-out tiket pesawat yang confirmed (bisa minta ke agen travel, saya kemarin minta tolong Nusantara, di depan XXI Jogja) juga disertakan. Untuk penginapan, demi menekan biaya, saya menggunakan dormitory atau hostel yang murah, kira-kira £25 per malam (itu termasuk murah lhooo....). Book biasanya pakai DP 10% dan dibayar pakai kartu kredit. Karena saya ditolak melulu kalau apply kartu kredit - karena miskin, maka saya minta tolong teman yang punya kartu kredit.

8. Selain dokumen di atas, syarat lain adalah foto ukuran 3,5 x 4,5 cm, berwarna, latar belakang putih, dan nggak boleh senyum ataupun cemberut! (ada syarat fotonya, detail), sebanyak 2 lembar. Kalau mau aman, foto di VFS saja, tapi mahal, Rp45 ribu cuma dapat 4, hehehe...

9. Fotokopi yang dibutuhkan: akte kelahiran, kartu keluarga, akte nikah (bagi yang sudah nikah), dan fotokopi KTP.

10. Untuk meyakinkan pihak UK (lagi), saya menyertakan korespondensi saya melalui e-mail dengan pihak pengundang saya di UK.

Saya harus menyerahkan dokumen sendiri ke VFS, karena selain penyerahan dokumen, juga pengambilan data biometrik, seperti data retina dan sidik jari kesepuluh jari tangan. Selain aplikasi visa, kemarin saya juga ditawari jasa pengiriman visa ke Jogja (karena rumah saya Jogja), dengan menambah Rp50 ribu. Kalau Anda pernah dapat visa bisnis ke negara Schengen atau U.S., maka Anda bisa menambah Rp950 ribu untuk pemrosesan prioritas. Sesuai dengan informasi di situs UK Border Agency, biaya pembuatan visa Rp1.121.000.

Visa bisnis berlaku selama 6 bulan dan multiple entry, artinya, kalau punya uang buat beli tiket pesawat, saya bisa keluar-masuk Inggris dalam 180 hari setelah visa dikeluarkan :)

Proses visa dapat dipantau melalui https://www.vfs.org.in/UKG-PassportTracking/ApplicantTrackStatus.aspx?Data=LpemHHvlH7bp48AezPuUoQ== dengan memasukkan nomer aplikasi yang ada "..../..../...." itu dan tanggal lahir pemohon.

Visa saya baru jadi 2 minggu setelah dokumen masuk. Petugas VFS sudah memberitahu saya kalau bakal lebih lama dari biasanya. Belakangan, saya baru tahu kalau Presiden RI juga pergi ke UK di tanggal yang hampir bersamaan dengan kepergian saya #loh

Yup, sekian cerita pengalaman saya mengurus sendiri visa UK, jika ada yang ingin ditanyakan, silakan berkomentar di bawah, siapa tahu saya bisa membantu :) 

Visa UK saya


56 comments:

  1. Mbak, maaf mau nanya nih..
    ini kan kita juga mahasiswa ikut conference, jadi apply visa nya bisnis ya?

    terus apakah ada saldo minimal di tabungan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, menurut UK Border Agency, attending meetings (termasuk conference) adalah kunjungan bisnis. Bisa dilihat di webnya kok, http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/visas-immigration/visiting/business/business-activities/

      Saldo minimal tabungan nggak disebutkan sih, tapi tergantung sponsor. Kalau sponsor menyatakan akan menanggung seluruh biaya, maka tidak perlu khawatir jumlah minimal saldo (yang penting saldo sponsor-nya). Di formulir online, kita diharuskan menganggarkan pengeluaran dan pemasukan untuk kunjungan ke UK.

      Delete
  2. mbak mau nanya nih.
    kan saya apply sekolah spesialis di St george Hospital dan semua dokumen buat ngurus visa siap dikirim dari sana.
    nah biar ngurus visa nya ga lama kan katanya harus apply online. apa saya harus apply sekarang? tp masalahnya dokumen untuk letter of invitation(LI), LA dan surat sponsor belum sampe di tagan msh di sana. menurut mbak apa yang lebih baik saya lakukan. menunggu kiriman dulu apa apply online dulu?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo,
      saya sarankan sih Anda mulai mengisi aplikasi online dulu (butuh waktu juga mengisinya). Aplikasinya bisa di-save kok.

      Untuk janjian menyerahkan aplikasinya (janjian online), sebaiknya menunggu kepastian berkas datang/dikirim. Kita bisa apply waktu janjian minimal untuk seminggu ke depan. Kalau saya dulu karena mepet, paspor saya keburu saya pakai ke negara lain, maka triknya apply waktu janjian, lalu re-secedule kalau berkas belum di tangan. Sekolah di Inggris biasanya start bulan Agustus-Oktober. Mulainya kira-kira bulan apa?

      -Dipta

      Delete
  3. Halo Mba..

    saya mau tanya, untuk buat appointment kan harus per individual ya walapun perginya satu keluarga. Nah bila sudah sampai tempat VPS, apakah kita tetap menyerahkan dokumen / diwawancara , sidik jari dll per individu atau bisa bergabung jadi satu keluarga untuk bareng2 masuk ?

    mohon pencerahannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga...

      Setahu saya appointment itu individu, karena sampai VFS nanti harus menyerahkan bukti appointment, baru diperbolehkan masuk (di pintu masuknya orang sudah antri, keluarga pun setahu saya dipanggil satu per satu). Nanti ambil data biometric-nya juga per individu dipanggil satu per satu ke ruangan biometric.

      Delete
  4. Untuk surat sponsor, bagaimana mekanisme meminta surat dari kampusnya mbak.
    Kalo boleh saya minta contoh proposal sponsorshipnya dong mbak dan kemarin dapat sponsor dari mana saja. Terima kasih
    a.shofihara@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      mekanisme minta surat dari kampus, kemarin saya langsung datang ke bagian administrasi kampus, di jurusan saya, sambil membawa anggaran, copy paper saya yang diterima untuk dipresentasikan serta surat undangan untuk konferensi dari pihak penyelenggara. Setiap kampus/sponsor mekanismenya berbeda-beda. Ada juga yang disuruh bikin proposal dengan format tertentu. Suka-suka mereka formatnya, hehehe. Saya belum pernah sih cari sponsor perusahaan.

      Saya kemarin cuma dapat sponsor dari kampus saya. Isi surat sponsornya adalah menyatakan kalau saya mahasiswa kampus tersebut yang pergi ke untuk keperluan konferensi, dan pihak kampus bersedia menanggung seluruh biaya yang dikeluarkan untuk saya pergi ke sana.

      Delete
  5. pagi mbak, saya diterima internship di perusahaan biro arsitektur di london. saya dapat salary 1000 pounds per bulan, tapi perusahaan tidak dalam kapasitas mensponsori saya untuk visa. bisa ngak kalo surat sponsor diganti dengan surat kontrak kerja dari perusahaan yang didalamnya juga tertera gaji saya perbulan disana?
    ada ngak mbak minimal uang yang harus ada di untuk visa kalau kita tidak di sponsor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Reza Fadli, selamat ya sudah diterima internship di London. Saya kemarin juga ke London. Kalau internship masuknya sama seperti saya, visa bisnis. Selengkapnya bisa dilihat di sini: http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/visas-immigration/visiting/business/

      Kalau dokumen yang dibutuhkan, bisa didownload di sebelah kanan (dalam pdf) halaman ini: http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/visas-immigration/visiting/business/documents/

      Saya rasa copy kontrak kerja memang harus dilampirkan untuk aplikasi visa bisnis, karena pihak UK juga harus tau organisasi apa yang mengundang Anda internship di UK dan sebatas apa pertanggungjawaban mereka pada Anda (intern). Minimal uang sih saya nggak pernah diberitahu secara resmi dari kedutaan/agen visa yang ditunjuk, tapi waktu saya tanya-tanya travel agent yang biasa urus visa, biasanya 50 juta (itu untuk turis lho). Tabungan saya waktu kemarin itu sepuluh juta aja nggak sampai >.< Kalau nggak, bisa juga minta tolong orangtua berlaku sebagai sponsor (surat sponsornya dari ortu & dilampiri copy bank statement mereka).

      Intinya, buatlah pihak UK yakin bahwa Anda nggak bakal jadi gelandangan/pengangguran dan merepotkan negara UK, dan akan kembali ke Indonesia pada saat yang sudah ditentukan.

      Delete
    2. makasih mbak udah ngasih pencerahan

      oh sponsor itu ngak harus orang yg ada di London ya mbak? orang tua di Indonesia juga boleh?
      kalau surat sponsor dari kampus juga bisa ya mbak, bentuknya harus mensupport dana akomodasi kita atau boleh hanya menyatakan bahwa kita berasal dari kampus dan dalam keperluan internship? soalnya saya ragu kampus saya akan membiayai seluruh akomodasi saya.

      ditunggu jawabanya, makasih mbak


      Delete
    3. Iya betul, intinya ada yang menjamin kalau Anda nggak bakal jadi orang yang merepotkan di negara tersebut, dinyatakan dengan surat (kalau ortu bermaterai), dan didukung bank statement & kopi rekening koran. Kalau kampus ya berarti minta surat ber-kop kampus dan print-out rekening koran kampus. Nggak perlu betulan kampus membiayai, cukup bilang di surat saja, sebatas untuk aplikasi visa. Kalau internship memang butuh keterangan dari kampus, agak beda dengan surat sponsor (walaupun bisa dijadikan satu). Yang harus orang UK itu undangannya, untuk selain tujuan turis.

      Di aplikasi visa, nantinya juga ada perhitungan biaya macam-macam, seperti kalau awal Anda di sana yang bayar tiket pesawat & akomodasi siapa, dll. Saya rasa kalau Anda, sebaiknya melampirkan kontrak, keterangan dari kampus, dan supaya mudah mintanya sponsor dari ortu. Good luck!

      Delete
  6. Mbak saya mau nanya nih....kartu keluarga, akta lahir, KTP apa harus diterjemahkan ke dalam bahasa inggris?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kemarin tidak perlu menterjemahkan dokumen-dokumen tersebut, cukup fotokopi saja.

      Delete
    2. terima kasih mbak

      Delete
  7. mbak saya mat tanya,

    saya mau ke UK bulan december, dan saya punya sponsor dari sana yang mau menanggung semua biaya hidup saya sehari2. kira2 domucment2 seperti apa ya yang harus dipersiapkan oleh sponsor saya yg ada di UK?

    Trimkasaih

    Tekla

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Tekla,

      intinya sponsor harus menunjukkan kalau benar-benar dapat menjamin Anda di sana. Yang jelas harus mempersiapkan surat sponsor dalam bahasa inggris yang menyatakan menanggung segala keperluan Anda di UK dan bukti keuangan dari sponsor (biasanya copy rekening koran).

      Delete
  8. Salam....
    Mbak kalau visa UK sudah di approve. .apakah kita bisa menggunakan visa tersebut untuk ke negara eropa lainnya seperti france, ,holland.dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam...
      kalau visa UK nggak bisa... Yang bisa kemana-mana itu visa Schengen (negara-negara Eropa Barat selain UK & Ireland). Visa UK setahu saya hanya untuk di Inggris/UK.

      Delete
  9. Saya mau nanya, kebetulan saya udah bukan mahasiswa kampus lagi. Nah saya ada rencana untuk menghadiri conference di UK. Kalo yang menjamin bukan orang tua tetapi pihak keluarga seperti Paman yang berada di Indonesia bisa ngga?, kemudian kalo rekening koran saya ada diatas 50jt dalam waktu cuma 1 minggu terakhir memungkinkan apa tidak? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Alfin,
      pada dasarnya siapa saja dapat menjadi sponsor dengan menyertakan surat sponsor berkop surat (kalau instansi) / bermaterai (individu). Kalau Paman akan menjadi sponsor, maka beliau harus membuat surat sponsor yang menyatakan menanggung seluruh biaya Alfin ke UK. Sponsor juga harus menyertakan bukti keuangan (rekening koran, silakan minta pada bank) biasanya 6 bulan terakhir.

      Jika sudah ada sponsor yang bersedia menanggung seluruh biaya, saran saya pakai sponsor saja, karena saldo yang aneh akan membuat ragu pihak UK Border Agency.

      Delete
  10. Mbak Dipta....saya mau nanya nih, saya akan apply uk visa ( marriage visitor visa )dalam waktu dekat ini. di form saya akan isi bahwa saya akan stay di uk satu bulan,karena kalau saya isi lebih dari sebulan kuatir ditolak. setelah dapat visa nanti saya akan stay lebih dari sebulan, rencana 4 bulan, masalah gak ya mbak? visa biasanya valid selama 180 hari ( 6 bln ). terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo (mbak?) Unin,
      maaf saya baru balas karena saya mendadak harus mengurus visa yang lain :) Sepertinya nggak masalah. Memang, visitor visa biasanya valid untuk 6 bulan. Untuk mendapatkannya, syaratnya beda-beda, sudah ada di website UK Border Agency.

      Delete
  11. halo mbak dipta, salam kenal...

    mbak, mau tanya mengenai surat sponsor kampus. kalau berdasarkan pengalaman mbak dipta, siapakah pihak kampus yang menandatangani surat tersebut? oh ya mbak, apa boleh minta alamat emailnya? karena saya ingin bertanya lebih jelas lagi...
    terimakasih...

    mita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Mita,
      salam kenal juga. Berdasarkan pengalaman saya, yang menandatangani adalah yang mengeluarkan uang untuk sponsor. Kalau saya dulu Ketua Program. Kalau S1, mungkin bisa dari Wakil Dekan yang mengurus keuangan. Alamat e-mail Mbak Mita apa? Nanti biar saya yang mengirim e-mail ke alamat tersebut.

      Delete
    2. Email saya kelakanmita@gmail.com
      thanks mbak dipta... :)

      Delete
  12. Hai, kak Dipta. Saya di bulan November akan ke UK, akan menghadiri konferensi. Nah mau nanya banyak nih melalui e-mail, e-mailnya: davidyitzack@gmail.com. Ditunggu balasannya segera ya, kak :)) terima kasih sebelumnya hehe

    ReplyDelete
  13. Thanks udah sharing pengalaman dan infonya. Saya suka bagian "orang miskin bisa ke Eropa" :D. Inspiring :))

    ReplyDelete
  14. Mbak,

    Nanya dong tuk apply visa UK kalo gak punya akte lahir (hilang) problem gak. Sebagai gantinya apa ya kira2, ijasah mungkin? Makasih ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, kemungkinan bisa pakai ijazah atau surat kenal lahir.

      Delete
  15. Mbak Dipta,

    Saya nanya nih.Saya dapat panggilan kerja UK lewat email dari Costa Cruise line untuk kontrak 2 tahun.Saya diminta untuk ajukan visa dan work permit via email ke Migration Bureau United kingdom dan disuruh bayar via western jasa pengiriman uang sebesar 750GBP.Apakah ini benar dan bisa dipercaya nanti visa dan tiket dikirim dan saya bisa berangkat ke inggris?mohon penjelasan.terima kasih banyak.slamet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu hoax... jangan ditanggapi. Cara mengajukan visa UK seperti yang saya tulis ini. Bayar langsung di agen yang ditunjuk kedutaan UK.

      Delete
  16. Mbak, kok di web ada keterangan kalo surat2nya belum diterjemahkan, silahkan diterjemahkan penerjemah tersumpah. apa itu jg berlaku untuk visa kunjungan biasa? karena dulu sy ke Canada dengan visa visitor ngga perlu terjemahkan dokumen2 pendukung. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba, kemarin waktu UK saya buat suratnya memang dalam bahasa inggris; kalau visa Australia surat saya tidak diterjemahkan, yang perlu diterjemahkan penerjemah tersumpah adalah dokumen seperti akte, ijazah, surat nikah, dll.

      Delete
  17. Mba Dipta..
    Saya mau nanya.. Saya mau ngurus visa ke UK untuk keberangkatan februari 2014 ntr untuk honeymoon.. Tapi saya ga kerja, selama ini cuma bisnis bantu2 calon suami di perusahaan sendiri.. Jadi ga ada pemasukan (gaji) yang tepat, istilahnya kl ada perlu ya semuamua langsung cash / masih minta orang tua... Saya ada sih tabungan, tapi 3 bulan terakhir ini ga pernah aktif untuk transaksi... Dalam kasus saya ini kira2 dengan surat sponsor perusahaan calon suami saya dan surat sponsor orangtua saya boleh kan ya? Beserta fotokopi kedua tabungan ini... Puyeng nih tiket udah dibeli tapi visa belum keurus karena stuck di buku tabungan saya yang ga pernah diurus...

    Terimakasih sebelumnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru saya jawab. Bukti keuangan bisa apa saja, asalkan pihak UK Border Agency bisa yakin kalau Mbak Zaskia nggak bakal merepotkan mereka di UK. Kalau Mbak merasa tabungan Mbak nggak cukup meyakinkan, bisa ditambah surat sponsor & bukti keuangan dari orangtua. Itu boleh.

      Delete
  18. Mbak dipta, mau tanya, tiket confirmed itu brarti kita sudah bayar lunas atau bisa minta bukti reservasi aja, jd misal kita mau pakai maskapai lain masih bisa? Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya baru jawab karena kesibukan saya... tiket confirmed untuk keperluan visa bisa tiket yang sudah dibayar atau minta travel agent untuk book confirmed ticket (yang ini kita nggak usah membayar dulu). Kalau yang saya lakukan adalah yang saya sebut terakhir.

      Delete
  19. mba saya mau tanya nih?...
    saya mendapat kesempatan untuk bekerja di inggris, untuk mendapatkan visa UK itu apa aja yaa yg harus saya persiapkan?..sampai sejauh ini saya juga masih menunggu surat dari HM & Revenue Customs

    mohon pencerahannya mba. trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau visa kerja saya kurang tau, karena persyaratannya berbeda dengan visitor/temporary visa. Yang jelas karena akan bekerja di UK, Anda harus meyakinkan Border Agency bahwa ada perusahaan yang menjamin Anda di UK.

      Delete
    2. Dear Pak bambang
      Untuk dapat bekerja di UK bapak harus apply visa under category Point based system (PBS)
      bisa Tier 1 General, Tier 2 ataupun Tier 5 tergantung perusahaan dimana bapak ditempatkan nantinya
      Mudah2an menjawab sebagian pertanyaan bapak
      Mudah membuat visa inggris
      Ke inggris untuk liburan? bisnis?
      ataupun studi?

      http://ukvisasolution.blogspot.com/



















      UK Visa Solution
      0889.2389.578 (Whatss app)

      Delete
  20. Salam. Mbak dipta, salam kenal, tulisannya sangat membantu sekali :-)
    Saya mau tanya, jika saya ke UK untuk waktu 1bulan dalam rangka joint-research, visa jenis apa yg sebaiknya saya apply? Saya masih trdaftar sebagai mahasiswa, & kegiatan yg akan saya lakukan disana dibiayai penuh oleh universitas yg akan saya tuju. Apakah nanti saya juga harus menyertakan copy rekening koran dari indonesia, atau cukup dari pihak universitas UK? Terimakasih atas jawabannya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Amsyad
      untuk join research bapak bisa memilih menggunakan visa business,
      dikarenakan bapak dibiayai, kalau bisa dilapirkanjuga rekening koran dari Indonesia(sponsor), dan rekening koran pribadi
      Mudah2an membantu
      UK Visa Solution
      0889.2389.578 (Whatss app)

      Delete
  21. Salam kenal Mbak Dipta.
    Saya mau nanya. karena saya tinggal di kota kecil, tidak bisa menemuka travel agent yang bisa melayani tiket yang book confirmed. Mohon saranya. Dimana saya harus mencari? Terima Kasih. . . .:)

    ReplyDelete
  22. terima kasih informasi berharga nya mba Dipta.
    mba dibta, apakah saya bisa meminta format surat yang mba Dibta buat pada point 5. Untuk membuktikan status saya sebagai mahasiswa, dan saya akan pergi ke UK dalam rangka presentasi tulisan saya di forum akademik di sana.
    Surat yang mba Dipta buat apakah bisa saya minta sebagai contoh.
    Saya akan berangkat ke london oktober ini dalam rangka konfrensi juga mba. saya sangat berterima kasih jika mba dibta bisa membantu..

    ini alamat email saya mba : diandinastutimulia@gmail.com
    salam hangat.


    ReplyDelete
  23. salam,
    bagi yang ingin traveling ke london, dan belum dapet penginapan dan transportasi selama di london, bisa hubungi saya di email: mafath.info@gmail.com
    thanks a bunch

    ReplyDelete
  24. Dear Ibu Dipta,

    Selamat siang Ibu, saya Fahmi mahasiswa Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan di Universitas Diponegoro. Saya beserta rekan, rencananya akan berangkat ke london untuk keperluan konferensi disana. saya baca blog ibu tentang cara dan syarat pengajuan visa. saya ada kendala pada pembuatan surat sponsor dari kampus. jika ibu bersedia, bolehkah saya dikirimi format surat sponsor dengan berbahasa inggris bu? mohon bantuan ibu. Satu lagi begini bu, saya mau tanya, bagaimana jika nama di paspor saya berbeda dengan ktp dan dokumen saya lainnya. nama lengkap saya di akte dan ktp: M Fahmi Priyatna, namun ketika wawancara pembuatan paspor, huruf M dihilangkan karena tidak boleh satu huruf begitu bu, jadi nama paspor saya hanya Fahmi Priyatna. Apakah berpengaruh dengan disetujui atau tidaknya pengajuan visa saya ya bu? terimakasih ibu atas jawaban dan bantuannya.

    Regards,
    M Fahmi Priyatna

    ReplyDelete
  25. hallo mba, saya mau nanyak, saya sudah tamat dari universitas kira2 1 tahun lebih, nah selama 1 tahun lebih ini saya hanya bantu usaha orang tua, trus gajinya fleksibel bisa diambil kapan aja dan dalam cash. kalau orang tua saya yang menjamin dan buat surat sponsor buat saya dengan referensi bank dari orang tua saya, berarti saya tidak perlu memprint tabungan pribadi saya? karena tabungan pribadi saya sama sekali tidak terurus dan tidak ada perputaran selama 3 bulan terakhir. apa cukup jika hanya menggunakan surat referensi bank dari orang tua saya? terima kasih mba :)

    ReplyDelete
  26. Sekedar member informasi bagi yang membutuhkan !

    Asuransi Perjalanan atau Travel Insurance saat ini telah menjadi sahabat perjalanan kita. Sahabat yang selalu melindungi kita dari kemungkinan munculnya multi resiko di dalam setiap perjalanan; dari kehilangan dan keterlambatan bagasi, penundaan penerbangan, pembajakan pesawat, kehilangan barang/benda pribadi, sakit yang muncul tiba-tiba di perjalanan, hingga resiko ekstrim yakni kehilangan jiwa karena kecelakaan.
    Kedutaan negara-negara eropa di Indonesia telah sejak lama mewajibkan untuk mengikutsertakan sahabat kita ini dalam pengajuan visa sebagai sebuah prasyarat mutlak.
    Bagi sahabat-sahabat kami, rekan-rekan, handai taulan, hingga sanak keluarga, yang hendak melakukan perjalanan wisata/dinas ke Luar Negeri selain negara Eropa, pun tidak ada salahnya untuk mengikutsertakan sahabat kita ini.

    AXA Insurance memberikan kemudahan layanan penjualan yang dapat diakses 24 jam melalui situs
    http://axa-insurance.co.id dilanjutkan dengan klik Beli Online.

    Atau salin dan tempel URL ini http://indonesia.merimen.com/epolicy/index.cfm?fusebox=MICpolicy&fuseaction=dsp_polcreate2&iprodid=93&iicoid=712001&mcvid=0&iacoid=0&icstid=1350&agentcode=&SYSXATTRTOP=1&CFID=43029804&CFTOKEN=934db7d404885ec1-AAACF1BF-D4AE-5267-4E69A1E743EE3985&USID=483&RID=4978504&LF=EPLAXAID

    Terdapat potongan 10% bila anda memasukkan (salin & tempel) Kode Promosi: P02H750I

    Selamat mencoba dan terima kasih atas perhatiannya !

    ReplyDelete
  27. Salam Mbak Dita, saya Nartri, yang pada saat ini memiliki keadaan yg persis sama (kalau dari yg saya tangkap ya hehe) ketika Mbak akan mengurus visa UK dulu, termasuk status, keadaan, perihal/tujuan, dan gender hehe.

    Mbak terima kasih banyak atas penjelasannya yg mendetail di sini terkait apply visa UK. Sangat membantu.

    Mbak, kalau berkenan, apa saya boleh dikirimkan Mbak contoh dokumen (yg tentunya inconfidential yg saya bisa lihat) ketika Mbak dulu apply Visa UK? Macam surat pernyataan sponsor dari univ, dsb.
    Kalau berkenan, saya akan sangat berterima kasih kalau Mbak mau mengirimkannya ke nartri.itd@gmail.com

    Terima kasih banyak Mbak Dipta, sebelumnya.

    ReplyDelete
  28. Selamat Malam, saya mau nanya, yang fotokopi akte, ktp, kartu keluarga itu harus di terjemahin dalam bahasa inggris atau tidak usah di terjemahkan?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  29. Halo kak, aku mau dong contoh surat rekomendasi dari kampusnya.
    Aku ada rencana diajak kakak aku liburan ke inggris tanggal 2 juli 2016.
    Kalo gak keberatan Tolong di email kak ke git5s@yahoo.co.id
    Terima kasih atas pencerahannya.
    Salam.
    Git

    ReplyDelete
  30. selamat malam kak.
    mau nanya, kalo kita di sponsori penuh oleh orang tua, apa kita tetap wajib memberikan rekening koran 3 bulan tkhir kita ? atau cukup orang yg memberi sponsor saja ?

    ReplyDelete
  31. Dear kak Dipta ,

    Aku mau tanya nih, aku rencana nya mau sekolah ke AS. Aku mendapat sponsor dr teman ortu aku. Jdi permohonan surat referensi bank dr pihak sponsor bagaimana yah? Kn aku bkn keluarga dr pihak sponsor ?
    Mohon jawaban nya . Terima kasih :)

    ReplyDelete