Sunday, October 23, 2011

Beautiful Beaches In Yogyakarta

Rasanya nggak adil kalau saya sudah menulis tentang kota lain, negeri orang, sampai China, tapi nggak nulis tentang tanah kelahiran sendiri, Yogyakarta :)
Amazing Race aja diadakan di Yogyakarta (see Amazing Race season 19 episode 2 & 3 yang baru saja tayang di Amerika :) masak saya nggak ikutan promosi kota sendiri, hehehe.

Bulan Mei-Juli 2011 yang lalu, saya sempat bermain ke beberapa pantai di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai-pantai di sana relatif lebih sepi dibandingkan pantai-pantai di Kabupaten Bantul.


How to get there
Objek wisata pantai di Gunung Kidul cukup jauh dari kota. Perjalanan ke sana memakan waktu kurang-lebih 2,5 jam dari kota Yogyakarta. Kemarin saya dan teman-teman menyewa mobil dengan teman saya sendiri sebagai sopirnya. Sewa mobil kira-kira IDR 250k per 12 jam. Satu mobil muat hingga 8 orang dewasa. Pengendara mobil harus ahli karena jalan menuju pantai naik-turun dan berliku-liku. Dari kota, menuju Jalan Wonosari, melewati Bukit Pathuk, lalu pertanda mendekati pantai adalah jika sudah sampai Desa Tepus.

Beautiful Beaches

Pantai Baron

Pantai ini terletak di cabang jalan sebelah barat. Pantai Baron merupakan tujuan wisata kuliner dan pantai paling ramai pengunjung di Gunung Kidul, karena di sana banyak dijual hasil tangkapan nelayan, mulai dari ikan hingga keripik rumput laut. Saran saya, sebelum menyusuri pantai selatan Gunung Kidul, sebaiknya mampir Pantai Baron terlebih dahulu untuk mengisi perut. Di pantai yang lain penjual makanan lebih sedikit.
Pantai Baron yang ramai

Pantai Sundak


Pantai ini terletak di sebelah timur pantai Baron, kira-kira 15 menit naik mobil dari Pantai Baron. Pantai Sundak memiliki pasir putih yang indah. Tepi pantai ini berkarang, sehingga saat surut pengunjung dapat berjalan ke tengah laut melalui karang tersebut. Saat berjalan ke tengah laut, terdapat biota laut yang bersarang dalam karang dan dapat dilihat langsung, seperti beraneka bentuk alga, bulu babi, keong laut berkaki, kepiting, dan sebagainya. Sayangnya di pantai ini pengunjung tidak dapat berenang. Di tebing pantai juga dibangun gardu pandang, sehingga akan sangat romantis bila menikmati pemandangan laut selatan dari gardu pandang tersebut.
 Pantai Sundak dengan gardu pandang yang romantis
 
Pantai  Indrayanti

Pantai ini termasuk “pantai baru” di Gunung Kidul, terletak di dekat Pantai Sundak. Keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai Pulau Dewata. Di pantai ini terdapat gazebo-gazebo yang dibangun di tepi pantai. Pantai Indrayanti masih sepi, pasirnya putih, dan banyak turis mancanegara yang singgah di pantai ini karena terdapat penginapan dan restoran di tepi pantai. Fasilitas Jet Ski juga tersedia di sini saat siang hari.
 Pantai Indrayanti, serasa di Bali

Sunset Pantai Indrayanti
 
Pantai Siung

Pantai Siung terletak di sebelah timur, kira-kira 45 menit dari pantai Sundak. Pantai ini terkenal akan batu karangnya yang indah. Pantai ini biasa menjadi tempat kejuaraan panjat tebing internasional, karena selain memanjat tebing, orang dapat melihat pemandangan yang luar biasa indah dari atas tebing.
Pantai Siung dengan karangnya
Sisi timur Pantai Siung

It's Time To Go Home
Puas menyusuri pantai, biasanya saat pulang hari sudah malam. Perjalanan pulang melalui rute yang sama saat berangkat. Saat melewati Bukit Pathuk, sebaiknya mampir sebentar menikmati makanan hangat di tempat makan di tepi jalan, sambil menikmati gemerlap kota Yogyakarta dilihat dari atas bukit. Tempat ini juga sering disebut "Bukit Bintang" karena gemerlap kota terlihat seperti gemerlap bintang. Dari bukit ini juga dapat terlihat pesawat landing dan take-off di Bandara Adisutjipto. Sayang tidak ada foto karena kamera saya tidak mampu memotret dengan baik di kegelapan -_-'

Enjoy the beauty of Jogja!

No comments:

Post a Comment