Monday, April 4, 2011

Pelajaran dari Macau

-Sambungan dari (m)Alay-sia-

Berangkat dari KL hari Sabtu tanggal 12 Februari 2011 sekitar jam 5 sore waktu setempat, Tias dan saya mendarat di Macau International Aeroporto sekitar jam 20.30 waktu Macau (sama seperti Malay & WITA). Landasan di bandara ini unik, 1 pulau sendiri, memanjang. Saya lihat waktu pesawat mulai mendarat, benar-benar berbatasan dengan laut!! Kami disambut udara malam yang dingin, sekitar 8-10 derajat celcius. Tias segera mengaduk-aduk kopernya di dalam pesawat, mengambil jaket tebalnya, sehingga kami keluar paling akhir dari pesawat itu. 

Setelah urusan imigrasi (Yuuhuu koleksi cap paspor!!), kami masuk ke arah pengambilan bagasi (padahal nggak pakai bagasi). Di ruang itu ada toilet & air minum, lumayan bisa refill botol :)) Di ruang ini juga sifat norak khas orang Indo mulai keluar, hehehe... biasa, foto-foto, mumpung banyak tulisan "Welcome to Macau" dan nggak ada tulisan atau simbol "dilarang memotret". Tapi begitu action ada mbak-mbak petugas bandara yang cantik datang ke arah kami sambil senyum-senyum... Maksudnya bilang "nggak boleh foto-foto". Waktu nunggu Tias ke toilet, saya menemukan ada cewek muda dengan baju norak (dingin-dingin malah pakai rok mini & legging) lewat sambil membolak-balik paspor hijaunya. Wah, akhirnya ada orang yang bisa bahasa Indonesia :) Melihat saya bengong di depan toilet, cewek itu menghampiri & bertanya, di mana mengambil bagasi. Oke deh, saya tunjukkan (padahal saya sendiri kan nggak ambil bagasi, hehehe).

 Welcome to Macau
 Foto yang berhasil diambil sebelum diberi "senyum" petugas :p



Setelah bengong-bengong sebentar, kami menuju arah exit. Wah, bandara Macau kecil ternyata. Keluar-keluar langsung tempat penjemputan. Bakal repot sepertinya kalau mengingat rencana awal, tidur di bandara. Polisi-polisi yang jaga di situ juga ngeliatin kami mondar-mandir ga jelas :p Tias mengajukan rencana B, yaitu menelepon penginapan yang kami book untuk tanggal 15 Februari, Augusters Lodge, karena pemilik penginapan itu terkenal ramah. Iya sih, daripada tidur di bandara -yang belum tentu diizinkan- dengan suhu 8 derajat celcius. Untuk dapat menggunakan telepon umum, kami harus menukar uang Macau Pattaca (MOP). Mata uang ini sulit ditemukan di money changer Indonesia, sehingga kami menukarnya di money changer bandara Macau. Saya malah pakai acara salah tukar segala (maksud menukar HKD, malah yang keambil Yuan China soalnya warnanya mirip :S), ya sudahlah, yang penting mengantongi MOP. Kami juga sudah siap-siap mencari penginapan itu berbekal peta print-print-an dan kompas, kalau misalnya ada kamar. Kami juga sudah siap-siap nyegat bis MT1 atau MT2 (berikut recehnya, soalnya bayar bis harus uang pas, 4.2 MOP/HKD, sekali masuk ke "celengan") yang menuju Grand Lisboa, karena penginapan itu di daerah sana.


Uang 100 Hongkong Dollar, warnanya mirip sama 100 Yuan (di bawah)

100 Reminbi/Yuan, kalau mengantongi dua uang di atas bisa tertukar lho :D

Di tengah kebingungan, kami bertemu kembali dengan mbak "paspor hijau" yang tadi. Dia dari Brebes, kerja di Macau dan ngakunya sedang menunggu dijemput "kakak" yang juga bekerja di Macau. Kami juga bercerita kalau kami mau tidur di bandara atau mencari penginapan, sambil bertanya peta & arah. Cewek itu langsung heran mendengar kami mau tidur di bandara. Tak lama kemudian "kakak"nya datang. Kedua TKW yang sudah lama tinggal di Macau ini ternyata nggak bisa baca peta, hahahaha... Tapi kabar baiknya, kami ditawari menginap di tempat mereka. Lucky! Kami berempat akhirnya naik taksi menuju tempat tinggal para TKW itu. Mereka bahkan membayari taksinya, padahal mahal lho, 85 dollar (sekitar Rp100ribu). Sayangnya sopir taksi Macau itu nggak ramah dan suka ngebut. Tapi salut juga mengetahui para TKW itu lancar berbicara 4 bahasa: Jawa, Indonesia, Kanton, dan Inggris!!! Kalau tidak salah, mereka tinggal di daerah yang namanya sounds like "Tay Hin Kei". Di perjalanan, mbak "paspor hijau" bercerita kalau dia ditanyai macam-macam oleh petugas imigrasi, jadi lama deh... (saya berpikir mungkin gara-gara dia TKW ya??)

Di Macau aturannya berbeda dengan Hong Kong, para TKW yang bekerja sebagai pembantu rumah-tangga boleh indekos dan tinggal terpisah dari majikan. Sesampainya di kost TKW, kami menemukan sekitar 6-8 orang yang tinggal di sana, dibagi menjadi setidaknya 2 kamar seperti apartment, dengan tempat tidur tingkat. Katanya sih sewanya 500 dollar per bulan (sekitar Rp600ribu). Karena banyak orang, suasana menjadi hangat. Mereka baik sekali kepada kami, meskipun baru bertemu. Kata mereka "Kalau kita bermaksud baik, maka orang lain akan baik kepada kita". Good words :) Walaupun TKW seperti itu, mereka punya beberapa PC dan laptop lho... Wow!! Saat kami datang, ada 2 TKW yang baru pulang. Hmm... saya agak curiga karena kostum mereka seperti -maaf- pelacur. Tapi positive thinking dulu lah, siapa tahu malam minggu, mereka habis main di kasino. Pulang-pulang, 2 orang TKW itu langsung bermain dengan laptop dan headset, dengan suara musik. Chatting YM rupanya. Waktu menunjukkan pukul 11 malam. Tempat tidur untuk kami sudah mereka siapkan, berikut beberapa selimut tebal. Di atas tempat tidur kami masih ada tempat tidur (tingkat). Saya pamit tidur duluan, sementara Tias masih mengurus barang-barangnya.

Sebenarnya saya cuma tiduran. Dengan posisi tidur begini, saya masih bisa "membaca" kegiatan para TKW ini. Ternyata mereka "bekerja sambilan" saat weekend. Setidaknya 4 TKW diantara mereka chat di laptop masing-masing sambil teleconference. Canggih kan? Lagu yang mereka putar macem-macem, mulai dari lagu pop biasa, dugem, & dangdut remix. Mereka teleconference dengan laki-laki yang "mengatur" (mungkin diatur dari Indonesia). Saya juga mendengar ada yang curhat mengenai seorang teman mereka, yang dibilang bekerja sebagai "showgirl", tapi menghina mereka. Orang yang bercerita itu bilang, "Wah, munafik tuh si X, padahal dia sendiri JUGA showgirl." Whoa... lalu ada lagi yang cerita begini, "Eh, si Y itu berani ya pakai teknik. Live lagi. Kalau aku sih nggak mau pakai teknik gitu." Yayaya... dari percakapan itu saya bisa menyimpulkan apa "pekerjaan" mereka... Menjelang pagi, saya mendengar percakapan lagi, "Wah, aku di-ban, harus pindah chat room nih..." Fufufu... Ya, mereka adalah perempuan yang menawarkan "tontonan" online menggunakan webcam dan fasilitas chat. Di kalangan mereka, pekerjaan ini diberi istilah "showgirl". Tampaknya mereka diatur dari Indonesia. Pantas, si mbak "paspor hijau" itu mengalami kesulitan waktu ditanya-tanya petugas imigrasi...

Mbak-mbak yang chatting semalaman baru tidur jam 6 pagi. Jam 7.30 saya benar-benar bangun. Saya dan Tias berencana ke HongKong naik ferry pagi itu. Para TKW di kost itu masih pada tidur. Beberapa saat kemudian, Tias bangun dan mbak-mbak yang tidur di bed di atas kami bangun. Mbak-mbak yang ini tidur awal semalam, dan nggak 'bekerja sambilan'. Mereka baik sekali, kami dipersilakan sarapan. Saya membuat kopi susu panas, karena di Macau dingin dan hujan. Kami menanyakan bagaimana caranya sampai ke pelabuhan. Mereka akan mengantar kami. Bahkan, kami diberi receh untuk naik bis (sekali lagi, uang pas). Baik sekali :) Sebelum berangkat, kami mengobrol sebentar. Saya bercerita -karena besoknya hari Valentine-, kalau Valentine kali ini saya tidak merayakannya dengan pacar saya (of course, he's in Indonesia!!). Kami juga menanyakan istilah-istilah bahasa Macau, seperti "passagem" untuk halte bis, dan lain-lain. Kata mereka, kami akan 'aman' asal bisa bahasa inggris.

Kami diantar salah satu TKW menuju halte bis ke pelabuhan. Waktu itu hujan. Di perjalanan menuju halte, TKW ini curhat -gara-gara kami tanya, berapa lama dia nggak pulang- dia sudah 6 tahun nggak pulang ke Indonesia, walaupun dia rindu pada orangtuanya. Lho? TKW ini mengaku kalau dulu, cowoknya di Indonesia menghamili kakaknya, kemudian dia berantem dengan kakaknya hingga kakaknya memukulinya. Ternyata itu sebabnya dia tidak pulang. Tapi ada yang lebih mengejutkan kami, yaitu saat dia berkata, "Si C itu cewekku. Yeah, aku sudah nggak suka lagi sama cowok." O.O Dua TKW yang tidur di atas bed kami ternyata adalah pasangan lesbian. Whoa... baru kali ini saya bertemu dengan pasangan yang nyata... Ya, jelas alasannya mengapa dia jadi seperti itu and so far, mereka sangat baik kepada kami.


Pengalaman ini merupakan sesuatu yang berharga yang kami dapatkan di Macau. Di balik status mereka yang showgirl maupun lesbian, ternyata hati mereka baik, bahkan lebih baik daripada yang "normal". Itu pelajaran yang kami dapat. Tidak semua orang yang seperti itu buruk. Don't judge a book by its cover. Thank you very much, mbak-mbak TKW :)


Anyway, kami sampai pelabuhan dengan selamat dan nggak pakai nyasar. Setelah membayar sekitar MOP/HKD 145, kami menaiki FirstFerry menuju HongKong. Ferry Macau-HongKong nyaman lho. Kursinya seperti kursi pesawat. Coba ferry Indonesia seperti ini...


Macau Ferry Terminal

Kursi di ferry, nyaman lho!


-bersambung ke post selanjutnya, HongKong ^^-

9 comments:

  1. sbg partner dipta dlm edisi backpacker ini,pgn share jg bhwa itu bener2 pengalaman tak terlupakan bwtQ,
    pertama kalinya ak msk ke suatu dunia mlm, untung bkn suatu dunia mlm yg selama ini hanya Qlihat dr satu sisi (sisi negatif),,tp ak melihat sisi lain dunia malam,,
    bahwa sbnrnya mrk "begitu" bkn krn mrk ingin begitu,tp keadaan yg memaksa mrk,
    pada dasarnya mrk adl org baik.
    Ak berdoa smg mrk diberi kesempatan untuk bs menjalani hidup yg lbh baik, dgn masa dpn yg lbh cerah. Amin.
    btw,,thx dip ud majang fotoQ dsini,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang.
      penjual es kuter kelilin tiap malam. pendapatannya tidak seberapa dan.
      tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya,, suatu hari saya dapat.
      informasi dari teman bahwa AKY GENDENG bisa memberikan angka ritual/goib.100% tembus.
      akhirnya saya ikuti 4D nya dan alhamdulillah memanG bener-bener terbukti tembus.
      saya sangat berterimakasih banyak kpd AKY GENDENG.atas bantuan AKY saya sekarang.
      sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka.
      usaha matrial dan butik pakaian muslim.
      Jika anda mau buktikan
      silahkan bergabun sama AKY GENDENG
      Di:
      No: tlp.0853-1089--8585
      Saya sudah buktikan benar2 tembus 3x permainan
















      Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang.
      penjual es kuter kelilin tiap malam. pendapatannya tidak seberapa dan.
      tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya,, suatu hari saya dapat.
      informasi dari teman bahwa AKY GENDENG bisa memberikan angka ritual/goib.100% tembus.
      akhirnya saya ikuti 4D nya dan alhamdulillah memanG bener-bener terbukti tembus.
      saya sangat berterimakasih banyak kpd AKY GENDENG.atas bantuan AKY saya sekarang.
      sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka.
      usaha matrial dan butik pakaian muslim.
      Jika anda mau buktikan
      silahkan bergabun sama AKY GENDENG
      Di:
      No: tlp.0853-1089--8585
      Saya sudah buktikan benar2 tembus 3x permainan
















      Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang.
      penjual es kuter kelilin tiap malam. pendapatannya tidak seberapa dan.
      tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya,, suatu hari saya dapat.
      informasi dari teman bahwa AKY GENDENG bisa memberikan angka ritual/goib.100% tembus.
      akhirnya saya ikuti 4D nya dan alhamdulillah memanG bener-bener terbukti tembus.
      saya sangat berterimakasih banyak kpd AKY GENDENG.atas bantuan AKY saya sekarang.
      sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka.
      usaha matrial dan butik pakaian muslim.
      Jika anda mau buktikan
      silahkan bergabun sama AKY GENDENG
      Di:
      No: tlp.0853-1089--8585
      Saya sudah buktikan benar2 tembus 3x permainan
















      Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang.
      penjual es kuter kelilin tiap malam. pendapatannya tidak seberapa dan.
      tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya,, suatu hari saya dapat.
      informasi dari teman bahwa AKY GENDENG bisa memberikan angka ritual/goib.100% tembus.
      akhirnya saya ikuti 4D nya dan alhamdulillah memanG bener-bener terbukti tembus.
      saya sangat berterimakasih banyak kpd AKY GENDENG.atas bantuan AKY saya sekarang.
      sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka.
      usaha matrial dan butik pakaian muslim.
      Jika anda mau buktikan
      silahkan bergabun sama AKY GENDENG
      Di:
      No: tlp.0853-1089--8585
      Saya sudah buktikan benar2 tembus 3x permainan
















      Delete
  2. Amiinnn ^^ Itu memang pelajaran yang berharga... nggak sembarang orang bisa mengalaminya, hehehe...
    Iya Tias, itu kan foto yang disenyumin cicik penjaga bandara itu >.< Aku nggak PD foto-foto di sana, tapi walaupun disenyumin, yang penting fotonya ada, hahaha....

    ReplyDelete
  3. two backpaker ^^ salute... ayo ditunggu edisi berikutnya.

    ReplyDelete
  4. Next edition: Hong Kong ^^
    Coming soon :D

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum wr,wb…
    Saya ANITA TKI Bekerja Di HONGKONG...!!!
    Saya tak lupa mau mengucapkan terima kasih yg tak terhingga,Serta Rasa Kagum yg setinggi-tingginya kepada AKY JAYABAYA, Saya sudah bekerja sebagai TKI selama 8 tahun di HONGKONG,dengan gaji kurang lebih 2.jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.Sya pun kepikiran sma suami sya,untuk bermain judi TOGEL dan meminta angka kepada AKY JAYABAYA
    Saya Menanyakan Cara Mendapatkan Angka Ritual Aky,Trus beliau menyebutkan caranya dan saya pun bersedia,Beliau bantu kasih angka 4D...akhirnya TEMBUS dan Alhamdulillah saya menang 550Juta,Sekarang saya sudah bisa buka usaha TOKO BUTIK dan melunasi semua utang2 saya...
    Saya benar-benar yakin dan percaya angka ghoib AKY JAYABAYA Benar2 Akurat Tembus 100%,,,Yang ingin merubah nasib seperti saya buruan CALL/TELFON AKY JAYABAYA di Nmr: 0823,3339,0858....Sekali Lagi Terima kasih Banyak AKY JAYABAYA jasamu takkan kami lupakan,Ini bukan janji tapi bukti..!!!

    MAU BUKTI SILAHKAN HUB AKY JAYABAYA DI NO : 082333390858
    Demikian Kisah Nyata Dari Saya Sekeluarga.

    http://info-togel-uang-gaib.blogspot.com

    ReplyDelete

  6. SAYA TRI SULASTRI DARI TKW HONGKONG<<<<<


    ASSALAMUALAIKUM WR.WB..ingin berbagi cerita kepada anda semua
    bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga
    yang gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita
    dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang
    tentang ( MBAH GEDE ) dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul
    tembus.... dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya
    saya coba untuk menhubungi ( MBAH GEDE ) dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya
    untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan ( MBAH GEDE ) meman betul2 terbukti tembus
    dan saya sangat bersyukur berkat bantuan ( MBAH GEDE ) kini saya bisa pulang ke INDONESIA
    untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik ( MBAH GEDE )
    makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya
    bila butuh bantuan hubungi saja ( MBAH GEDE ) DI: <<085281586838>>
    insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya
    seorang TKW..di HongKong




    Trimakasih yg punya room





























    SAYA SRI WAHYUNI DARI CILACAP ( JATENG ) <<<<<






    Aslamu alaikum wr wb..
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank
    totalnya 600 juta
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di SMP / SMA,
    dan juga anak sementarah kuliah,DAN SUAMI saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya
    dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan ( MBAH GEDE )
    hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dan menghubungi ( MBAH GEDE ) di No <<085281586838>>
    Semua petunjuk ( MBAH GEDE ) saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim,

    Kirim Foto anda
    Alhamdulilah Demi AllAH,saya dan anak saya,
    5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih ( MBAH GEDE ) saya tidak akan melupakan jasa MBAH.
    JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH,
    SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB ( MBAH GEDE )
    DI NO <<085281586838>>


    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))
    Pesugihan Instant 5 MILYAR
    Mulai tahun ini Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal,
    serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar,
    Hutang yang menumpuk Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :
    1:Masalah Ekonomi
    2:Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :
    Usia Minimal 21 Tahun
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda



    !!!!DAN APAPUN MASALAH ANDA, SILAHKAN SAJA ANDA CERITA!!!!

    ASSALAMUALAIKUM


    ReplyDelete
  7. Hakikat kehidupan adalah bermanfaat bagi orang lain dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi.kami hadir untuk membantu bagi yang mengalami kesulitan ekonomi ataupun yang membutuhkan dana.tetaplah berpengharapan, karena pada hakikatnya Allah swt tidak akan mengecewakan hamba-NYA yang meletakkan pengharapan kepada-NYA dan dibalik permasalahan pasti ada solusi dan hikmahnya.Ikutilah orang yang tidak meminta upah kepadamu sedangkan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.ALLAH TIDAK AKAN MERUBAH NASIB MANUSIA, SEBELUM DIRINYA SENDIRI MERUBAHNYA. MULAI HARI INI SEMANGAT MERUBAH NASIB LEBIH BAIK.Pesugihan Uang Gaib.Bebas untuk semua agama, Proses 1 hari Dana langsung kami transfer Ke Rekening pribadi anda, Tanpa mengembalikan, Tidak mengurangi rejeki keturunan, dibekali juga pegangan khusus guna mempertahankan Kekayaan anda.
    Syarat dan ketentuan bagi para pemohon:
    Umur minimal 20 tahun, bebas untuk semua Agama, memiliki nomer rekening pribadi, setiap permohonan hanya untuk satu (1) kali seumur hidup, harus menjauhkan diri dari perbuatan yang dilarang oleh Agama.
    KETENTUAN :
    Setiap pemohon diwajibkan berpikir secara arif dan bijaksana dalam memohonkan jumlah dana yang diinginkan untuk mencegah perbuatan diri ke hal yang bersifat komsumtif.Mbah Akan Memberikan Solusi Terbaik Saran Dan Petunjuk Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan Bantuan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian Anda ;(1),Melalui Angka Togel Jitu/Supranatural (2),Pesugihan Serba Bisa(3),Pesugihan Uang Ghaib/Bank ghaib/Atm ghaib (4),Ilmu Pengasihan (5)Ilmu pelet,DLL. HANYA DENGAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA...
    PESUGIHAN UANG GHAIB ;
    Tingkat 1 = Untuk Hasil 500 Juta, Mahar Ikhlas Rp.2.000.000
    Tingkat 2 = Untuk Hasil 1 Milyar, Mahar Ikhlas Rp.4.000.000
    Tingkat 3 = Untuk Hasil 2 Milyar, Mahar Ikhlas Rp.6.500.000
    Tingkat 4 = Untuk Hasil 3 Milyar, Mahar Ikhlas Rp.8.000.000
    Tingkat 5 = Untuk Hasil 4 Milyar, Mahar Ikhlas Rp.10.00.000
    Tingkat 6 = Untuk Hasil 5 Milyar, Mahar Ikhlas Rp.11.000.000
    tingkat keramat ( khadam jin kaya raya) =Rp.15,000,000
    Bergabung Dan Raih Keberuntungan Anda;
    Ini Adalah Salah Satu Komentar Member Yang Sukses;
    Dr.Ibu Riska Yani Di Tanjungraja Sumsel.
    Alhamdulliah kami ucapkan banyak-banyak berterima kasih kepada Mbah Agus Darma.Atas bantuan beliaulah melaLui jalan pintas dengan pesugihan uang ghoib dalam sekejap mata uang langsung muncul di depan mata,hanya bermodalkan Keyakinan Dan Kepercayaan Serta Optimis yang tak pernah terduga,uang miliyaran muncul secara tiba tiba di atm yang sudah di sediakan. Sungguh luar biasa,dan sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya tanpa beliau kami tidak ada apa apanya di banding sekarang,nasib kami sudah berubah.Dan alhamdulillah sekarang kami dapat mempumyai usaha sendiri,ini semua berkat beliau dan sedikit kami informasikan bagi yang membutuhkan bantuan dan ingin perubahan nasib.Silahkan hubungi Eyang Guru Mbah Agus Darma di no;0823-87384409 solusi mengatasi masalah anda,salam sukses.

    ReplyDelete