Wednesday, March 16, 2011

IPO G*ruda Indonesia

Belum lama ini G*ruda menawarkan sahamnya ke publik (Initial Public Offering atau disingkat IPO). G*ruda menawarkan opsi ini karena sebelumnya dilanda krisis keuangan, sehingga membutuhkan tambahan modal.

IPO ini ditawarkan dengan harga murah, yaitu Rp750 - Rp1100 per lembar saham. Harga ini dipasang untuk menarik banyak investor. Namun, ternyata tidak begitu sukses. Mengapa?? Tampaknya ada yang aneh balik itu...

G*ruda berhutang banyak kepada M*ndiri Sekuritas. Nah, yang aneh adalah M*ndiri Sekuritas menjadi underwriter atau penjamin IPO G*ruda. Sementara, di saat yang hampir bersamaan, M*ndiri juga menawarkan saham kepada publik. Yah, otomatis para investor lebih tertarik kepada M*ndiri ketimbang G*ruda. Nah, bila saham tak laku di pasar, maka si underwriter akan membelinya. Tak lain tak bukan, M*ndiri Sekuritas. Hohoho, berarti sekarang M*ndiri ikut menjadi pemilik G*ruda.

Itulah permainan uang :) Namun, investor juga harus jeli berinvestasi, jangan tertipu "kecantikan" luar, so harus dilihat prospeknya.

No comments:

Post a Comment