Saturday, March 26, 2011

Perjuangan untuk bisa berlibur :)

Bulan Januari - Februari 2011 yang lalu, saya merasa mendapat "keajaiban" dari Tuhan :)
Setelah berhasil keluar dari pabrik, tanpa sempat menganggur lama-lama, saya langsung masuk kuliah sebagai mahasiswa S2 di sebuah perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia :))))

Kebetulan, bulan Januari, tak lama setelah saya "bebas", sebuah maskapai penerbangan berinisial AA mengadakan promo "last minute flight", bisa pas menggantikan tiket M*ndala yang sudah saya beli... Lebih murah malah, 6 hari berlibur dengan rute Bandung - Kuala Lumpur (KL) - Macau - KL - Bandung cuma IDR 1,8 juta termasuk pajak. Akhirnya ditetapkan lah tanggal berlibur 11-16 Februari 2011, dengan agenda tanggal 11 jam 6 WIB berangkat dari BDO ke KL, tanggal 11-12 jalan-jalan di KL, tanggal 12 sore terbang ke Macau, sampai sana malam, rencananya tidur bandara, terus paginya naik ferry ke Hong Kong, tanggal 13-14 di Hong Kong dan 14 rencananya setengah hari di Shenzhen, karena belum yakin apakah VOA Shenzhen sudah diperbolehkan (menurut informasi, sejak November/Desember 2010 sampai update terakhir bulan Januari 2011 VOA Shenzhen suspended karena ada perlombaan olahraga, so artinya visa harus apply di kedutaan China di Jakarta/Surabaya dengan biaya kira-kira Rp500.000, mahal euy), sudah siap-siap aja kalau nggak boleh masuk Shenzhen :). Tanggal 15 rencananya jalan-jalan di Macau, sebelum akhirnya tanggal 16 terbang ke KL dan Bandung.

Mengapa Bandung, bukan dari Yogyakarta? Pertama, karena saya pergi dengan seorang sahabat cewek yang kerja di Bandung (dia yang beli-beli pakai CC, soalnya mahasiswa mana boleh punya CC, hehehe), kedua, karena AA sedang ada promo Bandung - KL seharga Rp68.000 =) Tapi ya itu, harus mikir gimana caranya sampai Bandung sebelum terbang pagi-pagi.

Menjelang "Hari Jalan-jalan", para dosen saya bikin ulah dengan mengganti jadwal kuliah. Repot nih, Kamis tanggal 10 Februari mendadak ada kuliah sampai jam 12.30, sementara kereta Jogja - Bandung paling siang jam 12.45. Huah, demi flight BDO-KL jam 6 pagi, bela-belain deh beli tiket pesawat dadakan. Hebat juga kalau dipikir, saya kerjakan tugas untuk 2 pertemuan kuliah (minggu berikutnya saya membolos karena masih "jalan-jalan" kan :), sementara orangtua saya ke bandara, beli tiket pesawat Jogja - Jakarta untuk jam 14.40 hari itu juga :)) Ulah dosen yang lain, yaitu Kamis tanggal 17 Februari kuliah yang tadinya mulai pukul 10.00 dimajukan menjadi pukul 7 pagi.. hiyah, alamat bolos, karena saya sudah beli tiket pesawat untuk pulang Jakarta - Jogja flight jam 6 pagi.

"Jalan-jalan" itu bisa menambah managerial skill saya, hehehe... setidaknya untuk planning kegiatan, nginep di mana, dan juga budgeting. Mendadak saya jadi pengamat keuangan yang baik di awal Februari. Tentu saja doanya kurs Ringgit (RM), Hong Kong Dolar (HKD), dan Yuan China (CNY/RMB) turun dan kurs Rupiah menguat, biar bisa untung. Setelah membandingkan beberapa money changer, akhirnya saya memutuskan untuk menukar uang di Bandung (lho??!!) titip teman saya, karena nilai tukarnya lebih menguntungkan. Bayangkan, selisihnya mencapai Rp125.000 dengan tukar di Jogja.

Selain jadi pengamat keuangan, saya juga jadi pengamat harga penginapan yang baik, hehehe... Pertama browsing harga penginapan termurah dengan lokasi yang mudah dimengerti, lalu lihat review-nya. Tentu saja eksekutornya teman saya, karena dia yang punya CC :))

Kembali ke masalah kuliah mendadak itu. Ternyata saya baru berhasil sampai rumah pukul 13.15 dan saya belum packing!! Kebiasaan buruk nih, what a mess... Padahal saya sudah harus check-in maksimal 20 menit sebelum terbang ke Jakarta pukul 14.40. Ajaibnya lagi, saya bisa packing dalam waktu 15 menit dan mandi dll. dalam waktu 10 menit :)) Yosh, sekitar jam 14.00 saya berangkat ke bandara Adisucipto yang jaraknya kira-kira 20 menit dari rumah. Mepet ya? Hahahaha....

Saya tepat waktu sampai bandara -lucky!!- tapi mendadak waktu pemeriksaan barang saya di-stop sama mbak petugas. Owalah, saya lupa mengeluarkan gunting dari ransel saya (padahal biasanya didiamkan aja lho, gunting itu sudah sering ikut terbang Jogja - Jakarta). Tuh gunting terpaksa ditinggal deh :( Terima kasih gunting, karena telah menemani saya saat hidup sendiri di Cikarang. Dalam hati heran juga, tampaknya penerbangan AA kali ini diperketat. Keanehan lagi, saat pesawat ditarik mundur untuk take off, ada pertunjukan di udara. Sekitar 7 pesawat sedang berlatih terbang dengan berbagai atraksi, awesome!!, tapi mendebarkan juga, soalnya landasan Adisucipto cuma satu, sementara pesawat yang saya naiki ditarik mundur, ketujuh pesawat latih itu mendarat satu-satu. Untung nggak tabrakan. Begitupun saat mendarat, AA "parkir" di aerobridge, padahal biasanya nggak lho... serasa international arrival, hehehe....

Dari Jakarta, saya naik travel X-Trans ke Bandung. Lumayan kalau bawa KTM, diskon 10 ribu dari 90 ribu. Sampai Bandung sudah jam 8 malam. Teman saya yang jemput heran dengan bawaan saya yang cuma 1 ransel + 1 tas tenteng parasut yang isinya cuma makanan :)) Ya maklum, packing dadakan... tapi untungnya -karena habis kuliah-, kalkulator & sarung tangan motor ikut terbawa -secara di China lagi dingin-.

Goodnews, teman saya ini berhasil menemukan colokan kaki-tiga di Bandung. Colokan itu berguna di negara orang, karena di sana saklar-nya lubang 3, padahal colokan HP dll kan kakinya cuma 2 :) Saya berburu colokan seperti itu seantero Jogja, nggak ada yang jual... heww...

Yup, akhirnya saya tidur beberapa jam di kost teman saya ini, sebelum pagi-pagi buta (jam 4.30) ke bandara Husein Sastranegara naik taksi yang dipesan sebelumnya :))

-bersambung ke posting berikutnya, (m)Alay-sia-

1. sbg travel buddy nya dipta,
    bs blg kl niat backpacker,bnr2 direalisasikan sama dipta,bnr2 cm bawa backpack alias ransel, mobile bgt bwt kmn2,n simpel bgt,gak ky ak yg bw koper(eh,,tp ud mending,,ak ud ngurangin 2 kaos n 1 clana pjg abis ngliat bawaannya dipta),n bnr bgt,,berhub kt mobile dr 1 negara ke negara lain,,emang jgn bw brg terlalu bnyk,,berat,,susah bw2nya,,blm ntr ditambah oleh2,,hihihi

2. Hwakakaka... itu kan hasil packing dadakan juga Tias, jadi yang kebawa ya cuma itu :))))
    Oiya, tips lagi: mandilah pada saat-saat yang diperlukan saja, hahahaha ;p