Friday, March 25, 2011

Jurnal Gratis :)

Inilah saatnya merasakan enaknya jadi mahasiswa :)
Bisa main internet di kampus dengan kecepatan tinggi gratis, download film dan game gratis, upload foto gratis.... tapi tetep harus ngerjakan tugas-tugas yang aduhai banyaknya :)

Untuk ngerjakan tugas-tugas itu, nggak jarang harus hunting artikel yang aneh-aneh. Para dosen sih mungkin mampu beli account jurnal selain langganan kampus, tapi mahasiswa rada kesulitan tuh kalau mencari artikel berbayar, hehehe...

Kampus saya kebetulan cukup berbaik hati. Kalau ngenet di kampus, saya juga bisa mengunduh artikel dari EBSCO, Proquest, dan Emeraldinsight dengan gratis, karena kampus berlangganan. Sayangnya, dosen saya sering memberi tugas dari jurnal yang bukan langganan kampus, diantaranya Spr*ngerlink. Saya sampai jungkir balik di dunia maya mencari artikel yang dimaksud. Maklum, kalau ke situsnya langsung nggak gratis, hehehe, mahasiswa kan budget terbatas :))

Nah, sekedar tips untuk cari e-book gratis, khususnya mengenai business management, bisa melalui library.nu (dulunya gigapedia). Tinggal register saja, gratis. Setelah register, buanyak e-book berguna tersedia di sana, tinggal unduh :))

Untuk "membobol" jurnal gratis, saya sarankan untuk googling dengan kata kunci "ezproxy" atau "-jurnal yang dimaksud, misal: proquest- + user + pass" jangan lupa diberi tahun terbaru di kata kunci, misalnya "2011", agar yang muncul adalah username & kata sandi yang baru atau masih berlaku. Biasanya banyak dermawan Arab atau dari China yang bersedia "mendonorkan" akun-nya. Tapi ya... harus telaten mencoba-coba username yang tersedia :))


Info tambahan, kalau menggunakan ezproxy, biasanya nanti akan masuk ke perpustakaan online sebuah universitas dan begitu berhasil masuk menggunakan username & sandi, akan ada "daftar menu" akses jurnal yang siap untuk dimasuki menggunakan akses universitas tersebut :))


Happy hunting, students!!!

No comments:

Post a Comment